Monday, April 10, 2006

Browsing Internet di Tol Cipularang

Saya baru saja pulang dari Bandung. Saya ingin berbagi pengalaman yang menarik, yaitu Browsing Internet sambil terus melintas di jalan Tol. Saya berangkat dari Bandung kira - kira pukul 21.45, mulai browsing di Km 70. Menggunakan Nokia 9300i via GPRS telkomsel. Pada awalnya saya sengaja menggunakan browser standard proprietary-nya Nokia. Saya coba untuk login ke situs pribadi saya ini, untuk meng-edit weblog. Ternyata ada Error Message API error. Selanjutnya saya coba login ke forum kantor dengan alamat http://forum.artistika.co.id ternyata pesan kesalahan juga tampil dan saya tidak dapat menggunakan aplikasi forum tersebut.

Selanjutnya saya mencoba mengakses http://www.opera.com, mencari Browser Opera Mini untuk Nokia 9300i. Di website tersebut ada pilihan untuk Nokia 9300 tetapi tidak untuk Nokia 9300i. Dari sisi ukuran screen saya kira tidak ada perbedaan jadi saya memutuskan untuk men-download Opera Browser ini. Selanjutnya saya mengikuti saran pada website tersebut untuk langsung login ke http://mini.opera.com dan mengikut langkah - langkah instalasinya.

Ternyata, melalui http://mini.opera.com ini, proses instalasi diawali dengan informasi download installer sebesar 99 kB data. Saya 'OK', tetapi kemudian installer tidak mengenali tipe Handphone saya. Saya tetap diberi pilihan untuk menginstal aplikasi ini dan saya setujui. Proses download installer agak terhenti sebentar, kira - kira saat itu saya ada di Km 65 an. Tetapi kemudian proses download berjalan sangat cepat !

Setelah saya selesai melakukan proses instalasi, aplikasi tersebut langsung saya Run. Cool! Itu kesan pertama dari bentuk tampilan Browser Opera Mini ini. Tetapi selanjutnya saya melihat beberapa kejanggalan. Menu dan Cancel ada di Bar bagian bawah screen, padahal button yang digunakan untuk fungsi Menu dan Cancel tersebut ada di sisi kiri screen. Dengan 'menterjemahkan' perbedaan posisi ini, saya tetap bisa menggunakan fungsi-fungsi yang ditawarkan Browser tersebut.

Saya mulai mencoba Browser baru ini dengan mengakses ke Situs ini dan mencoba untuk melakukan login. Ternyata tetap gagal ! Demikian pula website forum seperti yang saya sampaikan di atas. Tetap tidak bisa gunakan. Browser ini cukup baik menampilkan www.detik.com dan www.google.com.

Saat mendekati pintu tol Jatibening, saya berhenti Browsing. Saya memeriksa tagihan GPRS untuk session yang baru saja saya akhiri, saya sangat kaget dan tidak percaya bahwa tagihan saya adalah Rp. 1,975,- !! Hanya 77kB data ! :)) Memang image loading saya matikan, tapi saya kan tadi mendownload aplikasi sebesar 99 Kb ya ?? Asyik juga...!! He..he..he... Selamat Mencoba..

No comments: